Sunnah Fi’liah

Posted on : 27 Oktober 2011 | post in : Ushul Fiqih |Leave a reply |

Sunnah Fi’liah

Sunnah fi’liah, yaitu perbuatan Nabi yang berdasarkan tuntunan Rabbany untuk ditiru dan diteladani yang kemudian dinukilkan oleh para shahabat.

Sunnah fi’liah ini bermacam-macam, hanya pada umumnya dibagi kepada enam macam, yaitu:

1)        Perbuatan yang bisa menerangkan hukum, seperti; shalat, haji, adab-adab berpuasa, memutuska perkara berdasarkan saksi atau sumpah.

Untuk meneladaninya dalam soal shalat, nabi bersabda:

Artinya:

“Shalatlah kamu sekalian sebagaimana kamu melihat saya bershalat” (H.R. Bukhari Muslim, dari Malik).

Dalam urusan haji, nabi bersabda:

Artinya:

“Ambillah daripadaku cara-cara mengerjakan haji” (H.R. Muslim dari Jabir).

Perbuatan Nabi di atas sifatnya menjelaskan terhadap isis Al-Qur’an yang belum jelas (mujmal) = garis besar. Maka hukum perbuatan tersebut sama dengan hukum yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an.

2)        Perbuatan Nabi yang hanya menunjukkan kebolehan, yang dipandang mencukupi jika diperbuat salah satunya, seperti berwudlu dengan satu kali, dua kali, ataupun tiga kali basuhan.

3)        Perbuatan khusus untuk Nabi sendiri, perbuatan ini tidak boleh ditiru oleh umatnya, seperti nikah atau mas kawin, beristri lebih dari empat, menyambungkan puasa dengan tidak diselang buka pada waktu maghrinya, dan sebagainya.

4)        Pekerjaan yang dikenakan kepada orang lan sebagai hukuman, seperti mengusahakan milik orang lain. Di sini perlu diketahui sebab-musabab, jika terjadi dalam urusan dakwa-mendakwa, maka keputusan bisa dijadikan dasar hukum, begitu juga kalau hanya berisi pepatah.

5)        Pekerjaan yang bersifat gerakan Nabi yang dalam, dan gerakan ini tidak ada hubungannya dengan suruhan., larangan, atau teladan, seperti bernafas, duduk, berjalan, berdiri, dan sebagainya,

6)        Perbuatan yang bersifat Nabi, perbuatan ini pun tidak ada hubungannya den gan hukum kecuali kalau ada anjuran untuk mengikutinya, seperti cara-cara makan, berpakaian dan lain-lain.

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
Chat WA langsung