Perkembangan dan Peradaban islam di masa Permulaan

Posted on : 26 September 2014 | post in : Sejarah dan Perkembangan Islam |Leave a reply |

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM MASA PERMULAAN

PERADABAN DUNIA PADA MASA PERMULAAN TUMBUHNYA PERADABAN ISLAM

Peradaban Dunia sebelum pengaruh Islam.

Bangsa Barat sebelum mengenal Islam, mereka dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani dan Romawi yang berasal dari Pulau Kreta (200 tahun SM). Agama Bangsa Yunani memuja Tuhan yang banyak (polytheisme) dengan dewa yang tertinggi adalah dewa Zeus, dewa lainya seperti Ares (dewa perang), Artemis (dewa pemburuhan), Hermes (dewa niaga), Peseidon (dewa laut), Apollo (dewa kesenian), Pallas Athena (dewa pengetahuan), Aphrodite (dewi kecantikan) dan sebagainya.

Pemujaan terhadap dewa-dewa itu membuat orang Yunani terdorong pada kemajuan ilmu pengetahuan, seperti seni pahat, seni patung, sastra dan olahraga.

Pada tahun 1500 SM, kekusaan Kerajaan Kreta berakhir, karena adanya sebuan bangsa Indo German dari asia ke semenanjung Yunani, tetapi kemudian bangsa Yunani ini menyebar dan kebudayaan Yunani ke daerah-daerah perantauannya.

Ketika Islma baru lahir, kerajaan Eropa Byzantium dan Persia mencapai puncak kebudayaannya, tetapi mereka terlibat dalam peperangan secara besar-besaran dengan mempertaruhkan segala-segalanya. Kaisar Heraklius sampai menjual kekayaan Gereja agar dapat menyelesaikan perangnya, namun demikian, Kaisar Heraulius sedang mengorbankan perang di daerah-daerah yang dikuasai Byzantium banyak orang-orang Kristen yang murtad, menolak kekuasaan Kaisar tersebut.

Keadaan Kerajaan Romawi pada umumnya sedang dalam keadaan yang menurun, akibat tingkah laku para pemimpin meraka, seperti :

  1. Pemimpin mereka suka hidup mewah.
  2. Beban pajak terlalu berat, sehingga rakyat gelisah, sengsara dan menderita.
  3. Daerah terpecah belah, karena saling berebut kekuasaan.
  4. Timbulnya pemberontakan bangsa Yahudi, mereka tidak mau dipaksa memeluk agama Nasrani (Kristen).

Keadaan demikianlah yang menyebabkan pemerintah merek menjadio lemah dan hal yang demikian mempercepat penyebaran Islam ke benua Eropa.

Bentuk-bentuk Peradaban Dunia.

Dengan adanya kekacauan perang yang terus menerus di Eropa tersebut, mengakibatkan kerusakan masyarakat, serta kerusakan peradaban, baik Persia maupun Romawi, kekuatan peradaban itu sudah lemah, rakyat mundur, kebudayaan menjadi terbelakang.

Adapun bentuk-bentuk peradabn yang pernah berkembang adalah :

  1. Pekan olahraga, disebut Olympiade dari Yunani.
  2. Gedung Pantheon sebagai rumah dewa dari Romawi.
  3. Benteng Pertahanan Hadrianus dan Troyanus dari Romawi.

Sarjana-sarjana Barat mengakui bahwa bangsa barat sangat berhutang budi terhadap ummat Islam, karena setelah Islam memasuki dunia barat, banyak sumbangan Islam terhadap peradaban barat, bukan hanya Ilmu Musik, Ilmu Filsafat, Ilmu Kedokteran, Ilmu Bintang, Ilmu Matematika, tetapi mereka berhutang budi dalam segala lapangan kehidupan, baik kebudayaan maupun peradaban atau semangat serta cara-cara kehidupan dan hasil-hasil penemuan Ilmu Pengetahuan dari Islam.

Gambaran secara umum masyarakat dunia ketika itu dalam keadaan disintegrasi (keadaan tidak menentu) sehingga kebudayaan dan peradaban menurun dalam bentuk kehidupan yang sederhana dan mundur :

  • Keadaan rumah penduduk masih sederhana.
  • Perdagangan belum pesat, mereka masih takut mengurangi lautan, takut bahaya, makhluk halus dan tidak mengerti ilmu bintang.
  • Belum mengenal mata uang.
  • Pendidikan belum maju, tidak ada perguruan tinggi.
  • Lalu lintas tidak lancer, jalan-jalan masih rusak.
  • Semua kebutuhan hanya diarahkan untuk keperluan gereja.
  • Fikiran rakyat diselimuti oleh faham takhayul.

Demikian bentuk-bentuk peradaban rakyat Eropa sebelum datangnya Islam, sehingga hal ini memang tidak bisa bertahan lama, mereka memerlukan semangat baru, mereka memerlukan tenaga baru untuk membangun peradaban dan kebudayaannya, karena ibarat manusia, kebudayaan dunia ketika itu sudah tua-renta, tidak punya daya juang yang canggih. Rupanya Islam kemudian dating sebagai budaya yang segar-bugar, penuh dengan semangat baru dalam membangun peradaban manusia.

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
Chat WA langsung