Perkembangan Islam di Madinah dimasa Nabi dan para sahabat

Posted on : 2 Agustus 2014 | post in : Sejarah dan Perkembangan Islam |Leave a reply |

Perkembangan Islam di Madinah

Setelah hijrah ke Madinah, perkembangan Islam di kota tersebut mengalami kemajuan. Kesuksesan Nabi dalam mengembangkan Islam di Madinah, meliputi :

    1. Mempersatukan sahabat Muhajirin dengan sahabat Anshor. Nabi Muhammad senantiasa menganjurkan persaudaraan antara kedua sahabat, dan melarang semangat kesukuan,. Sehingga mereka bersatu menjadi kokoh dan kuat.
    2. Membentuk kekuatan dan politik Islam : Dengan mempersatukan kedua shahabat atas dasar satu agama, berarti merupakan satu kekuatan yang kokoh. Nabi juga mempersatukan antara golongan Yahudi dari Bani Qoinuqo’, Bani Nadhir dan Bani Quraidhah. Terhadap golongan Yahudi. Nabi membentuk satu perjanjian yang  melindungi hak-hak azasi manusia dan apabila timbul suatu perselisihan harus diselesaikan di bawah pimpinan Nabi Muhammad.

  1. Membangun Masjid : Setelah berada di Madinah, Nabi Muhammad membangun masjid yang sekarang terkenal dengan nama Masjid Nabawi. Masjid ini dibangun di atas tanah milik dua anak yatim yang sudh dibeli. Nabi ikut mengangkat batu-bangunan sendiri, sambil berdoa :.Fungi masjid ini tidak hanya untuk shalat saja, tetapi juga untuk tempat berkumpul para shahabat, tempat meneri pelajaran Nabi, baik tentang agama, kemasyarakatan dan laun sebagainya.
  2. Menciptakan kesejahteraan umum : Nabi selalu menganjurkan bekerja untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. Sabda berliau :
  3. Di bidang social, Nabi mewajibkan orang kaya agar mengeluarkan zakat untuk diberikan kepada fakir miskin, agar kaum muslimin saling menolong dan membantu.

Baca tulisan yang terkait:

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
Chat WA langsung