Macam-macam qiyas

Ushul Fiqih 0

MACAM-MACAM QIYAS

Qiyas itu ada tujuh macam, yaitu 

  1. Qiyas Aulawy
  2. Qiyas Musawi
  3. Qiyas Dilalah
  4. Qiyas Syabah
  5. Qiyas Jally
  6. Qiyas Khafi,
  7. Qiyas Adwan.

Pengertian-pengertian 7 qiyas diatas :

  1. Pengertian Qiyas Aulawi (lebih-lebih) = Fahwal Khitbah. Qiyas Aulawi, ialah : “Yang keadaan illatnya menetapkan adanya hukum, sementara cabang lebih pantas menerima hukum dari pada ashal”. Dengan kata lain “Sesuatu yang tidak ditegaskan lebih ulama hukumnya daripada yang ditegaskan”, seperti larangan memukul ibu dan bapak lebih utama daripada mengucapkan “Cis/Ah”, hal itu diqiyaskan kepada haramnya memaki kepada kedua orang tua. Yang menjadi illat dari hukum itu ialah “Menyakiti”, sedangkan memukul yang merupakan cabang dari ucapan “Cis/Ah” lebih diutamakan.
  2. Pengertian Qiyas Musawi (bersamaan illatnya/Lahnul Khitab). Qiyas Musawi, yaitu: “Yang mana hukum cabang (Far’i) tingkatannya sama dengan hukum asal (Pokok).” Dengan kata lain “Sesuatu yang telah ditetapkan sama hukumnya dengan yang belum ditegaskan”. Seperti, hukum memakan harta benda anak yatim secara aniaya sama hukumnya dengan membakarnya, maka dari segi illatnya kedua bentuk di atas hakekatnya sama-sama melenyapkan.
  3. Pengertian Qiyas Dilalah (menunjukkan). Qiyas Dilalah, yaitu: “Sesuatu yang illatnya tidak menetapkan hukum, tetapi menunjukkan adanya hukum”. Dengan kata lain, Qiyas dilalah yaitu, sesuatu qiyas yang illatnya tidak disebutkan, tetapi yang disebutkan hal-hal yang menunjukkan adanya illat. Contoh: Budak belian bisa diqiyaskan denga orang yang merdeka karena sama-sama manusia, illat menyamakan dengan orang merdeka itu disebutkan, tetapi di dalamnya mengandung illat untuk diqiyaskan. Contoh lain: Mengqiyaskan wajibnya zakat harta anak yatim dengan wajibnya zakat orang dewasa. Mengqiyaskan tersebut tidak ada ketetapan illatnya, hanya di dalamnya menunjukkan adanya hukum illat, karena dianggap sama-sama harta.
  4. Pengertian Qiyas Syabah (Menyerupai). Qiyas Syabah, yaitu: “Mengqiyaskan  satu cabang yang dibulak-balik, antara dua pokok, dan (cabang tersebut diragukan ke mana yang paling cocok di antara kedua pokok itu), lalu cabang itu diqiyaskan dengan satu pokok yang lebih banyak persamaannya”. Contoh: Budak belian yang dipekerjakan dapat diqiyaskan dengan orang merdeka karena sma-sama manusia, tetapi dapat juga diqiyaskan dengan ternak untuk dipekerjakan karena antara budak belian dan ternak sama-sama harta benda yang bisa dimiliki atau dipekerjakan. Qiyas seperti itu diqiyaskan kepada dua pokok, yaitu sama-sama manusianya dan sama-sama harta benda, maka tentu budak belian tersebut lebih banyak persamaannya dengan harta benda dan lebih sesuai diqiyaskan dengan harta benda. Karena itu budak belian perempuan hukumnya boleh digauli sebagaimana suami istri, tetapi tidak boleh ditikah, sebab budak belian perempuan itu diqiyaskan dengan harga seperti baju atau sepatu yang boleh dipakai tetapi tidak boleh ditikahi.
  5. Pengertian Qiyas Jally. Qiyas jally, yaitu jika iilat itu disandarkan kepada dalil yang sudah pasti, dan tidak mungkin menunjukkan kepada maksus lain selain illat dan dalil tersebut sudah diyakini menunjukkan kepada adanya illat, contoh (cara-cara mengetahui illat: 2 hal 14)
  6. Pengertian Qiyas Khafi. Qiyas ini merupakan kebalikan dari qiyas jally, di mana illatnya itu berdasarkan dalil yang mungkin bisa dijadikan illat dan mungkin pula menunjukka kepada illatnya. Qiyas ini biasanya didasarkan kepada kata-kata yang dhahir yang menunjukkan illat atau untuk mengetahui illat itu dengan melalui penyelidikan. Contoh: (Lihat bagian cara-cara mengetahui illat, pada b.1 dan a.2. hal 14).
  7. Pengertian Qiyas Adwan, “Qiyas adwan yaitu: “Qiyas yang far’unnya lebih rendah kedudukannya daripada ashal untuk mendapatkan hukum yang sama. Contoh: Mengqiyaskan perhiasan perak bagi laki-laki kepada perhiasan emas tentang keharamannya dengan illat untuk berbangga-bangganya yang kalau dengan emas akan lebih terasa bangga daripada dengan perak.

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

Tags:
Rate this article!
Macam-macam qiyas,5 / 5 ( 1votes )

Related Posts

Tinggalkan Balasan