Kisah-kisah ajaib tentang mimpi dan tafsirnya

Kisah-kisah ajaib tentang mimpi dan tafsirnya

Mimpi sholat di atas ka’bah

Suatu hari datanglah seorang lelaki kepada Sa’id bin Musayyab ra, katanya, “Saya bermimpi, seakan-akan saya sholat diaatas Ka’bah, apakah itu artinya?” Tanya lelaki itu, Sa’id bin Musayyab menjawab, “wahai……takutlah kepada allah, karena aku merasa yakin bahwa dirimu telah keluar dari agama Islam:

“tuan, di hadapan anda, saya bertobat dari ucapan orang-orang aliran ilmu kalam paham qodariyyah (bukan dibaca qodiriyyah kalau qodiriyyah itu thoriqoh qodiriyyah). Karena sesungguhnya, saya telah mengikuti ucapan mereka selama 2 bulan”’ ujar lelaki itu.

Mimpi adzan

Dikisahkan ada seorang lelaki datang menghadap kepada Imam Mohammad bin Sirin ra.. “saya mimpi seakan-akan melakukan adzan”. Kata lelaki itu. Ibnu sirin menjawab, “ tanganmu akan di potong”.

Bersamaan dengan itu datang juga lelaki yang lain, sedang orang yang pertama tadi masih ada disitu, katanya, “saya mimpi, seakan-akan melakukan adzan”, cerita lelaki yang kedua itu. “Oh…….kau akan naik haji”, Jawab ibnu sirin dengan singkat.

Orang-orang yang sedang duduk santai itupun beranya; Lho, apa sih bedanya, padahal kedua mimpi itu sama?’, Tanya mereka. “begini”, jawab ibnu sirin, “Aku melihat tanda-tanda buruk [ada orang pertama tadi, karena itu aku tafsirkan berdasarkan ayat : “wa adzdzana mu-adzdzinu ayyatuhal ‘iiru innakum lasaariquun” artinya: “kemudian menyeru seorang penteru, Hau kafilah, sesungguhnya kalian ini pencuri“ (Q.S.yusuf: 70).

Sedang pada ayat kedua, aku melihat tanda-tanda kebaikan, karena itu aku tafsirkan dengan ayat:  “wa adzdzin finn naasi bil hajji” artinya: “beritahulah kepada manusia supaya (mengerjakan) haji (Q.S Al-Hajj : 27)

                Dan benar, memang begitulah keadaan yang sebenarnya.

Mimpi rembulan bagian ke 1

Ada seorang perempuan datang kepada Ibnu sirin di saat sedang beliau sedang sarapan pagi. Wanita itu mengatakan.” Saya bemimpi kiyai….”. coba ceritakan!”. Pinta ibnu sirin. “tidak akan saya ceritakan sebelum anda selesai dari sarapan itu”. Kata wanita itu selanjutnya.

Ketika selesai sarapan, beliau langsung berbicara,” ceritakanlah mimpi itu kepadaku!”. Katanya kepada wanita tadi. Begini , jawabnya, saya mimpi melihat rembulan masuk ke daerah rotasi bintang soraya dan setelah itu ada orang memanggil-memanggil di belakangku, wahai perempuan………… datanglah pada ibnu sirin dan ceritakan perihal mimpimu ini……..

Ibnu Sirin memegangi tangan wanita itu sambil berkata, “Bagaimana mimpimu itu, ndok….?”. wanita itupun bercerita untuk kedua kalinya. Dan pada saat itu…..raut muka ibnu sirin memucat. Ia berdiri sambil memegang perutnya. Bertanyalah adik ibnu sirin, “ada apa denganmu, wajahmu memucak?”. Jawab ibnu sirin,’ bagaimana tidak, wanita ini membawa kabar, bahwa tujuh hari lagi aku akan dikubur 9meninggal0.

Dan benar…… tepat hari ke tujuh beliau meninggal dunia dan dikuburkan hari itu juga.

Silahkan kunjungi artikel lainnya disini tentang tafsir mimpi CARA MENAFSIRKAN MIMPI

Mimpi rembulan bagian ke 2

Diriwayatkan, ada seorang bertanya kepada imam Ja’far Shodiq r.a., katanya, “aku mimpi, sepertinya akau memeluk rembulan.” “apakah kamu belum beristri ?” “belum” “kau akan mengawini seorang perempuan tercantik dimasanya” jawab Ja’far.

Lelaki itupun menghilang dalam waktu yang cukup lama. Kemudian suatu hari, ia datang lagi, dan katanya, ‘Tuan, saya telah kawin dengan seorang wanita dari kota,. Rasa-rasanya…. Tidak ada perempuan yang lebih cantik dari dia. Lain dari itu kiai, tadi malam saya bermimpi menggendong rembulan….” Jawab ja’far shodiq, “kau akan dikaruniai seorang anak yang amat elok di masanya”.

                Lelaki itu berkata sambil tersenyum, ‘ benar kiayi. Demi allah, istri saya sekarang sedang hamil”,.

                Benar juga, peristiwanya memang seperti apa yang diprediksikan oleh Imam ja’far shodiq r.a.

 Mimpi rembulan bagian ke 3

Diriwayatkan juga, di saat ibnu imam syafi’I r.a. (pendiri madzahab imam syafi’i) hamil tua, mimpi melihat sebuah planet yang konon bernama musytari (yupitr) keluar dari porosnya, dan turun ke daerah mesir. Planet itu meluncur deras hingga menerbangkan guratan-guratan api yang begitu banyak dan jatuh disetiap tempat.

                Pada kenyataannya, tidak ada kota ataupun desa kecuali disitu menyebar ilmu dan madzahab yang diajarkan oleh Imam Syafi’I r.a.. dan memang begitulah derajat yang dicapai oleh beliau.

Mimpi melihat mendung dan hujan bag 1

                Tersebutlah , ada seorang lelaki datang kepada Abu Bakar shodiq r.a, ia berkata, “ aku mimpi melihat mendung yang menurunkan hujan yang berupa minyak samin dan madu, orang-orangpun mengambilnya, ada yang mengambil banyak dan ada yang mengambil sedikit,” Jawab Abu Bakar ra. “Mendung adalah agama Islam , sedang madu dan samin adalah manisnya. Karena setiap hujan yang kedatangannya membikin senang, itu terpuji”.

Mimpi melihat mendung dan hujan bag 2

                Seorang lelaki datang dan bertanya kepada Ja’far Shodiq ra.,Aku bermimpi berhujan-hujanan selama sehari semalam”’ katanya. “ahaiii….indah sekali mimpimu,  mas …. Akanberoleh rahmat, keamanan dan banyak rizqi, “ ujar Ja’far.

                Datang jiga lelaki yang alain kepada Imam Ja’far Shodiq ra., seraya menanyakan, bahwa dia bermimpi kehujanan, dan hanya mengenai kepalanya saja. Ja’far menjawab, “lelaki ini gemar melakukan dosa, sehingga dosanya banyak sekali. Dirinyapun diselimuti oleh berbagai salahan”. Tidakkah di mendengar firman Allah (Q.S An-Naml:58) artinya: “kami turunkan hujan batu atas mereka, maka itulah sejahat-jahat untuk orang yang diberi peringatan.”

Mimpi melihat mendung dan hujan bag 3

                Ja’far shodiq. Pernah ditanya tentang lelaki yang bermimpi memakan mendung (awan), sekaligus merasa ditangan lelaki itu ada gumpalan kabut yang begitu banyak, apa jawab ja’far?..

                “hoh….alangkah bagus mimpi lelaki ini, kata Ja’far, “ini adalah gambaran dia mempelajari ilmu, yang kelak ia menjadi buah bibir karena ketinggiannya. Ia juga memperoleh keagungan yang tidak pernah diperoleh oleh orang lain. Hebat memang ia selalu dipuji, serta memperoleh pangkat dan kekuasaan”’ ujar Ja’far memberi tafsiran.

Silahkan kunjungi artikel lainnya disini tentang tafsir mimpi CARA MENAFSIRKAN MIMPI

Mimpi melihat mendung dan hujan bag 4

Pernah juga , ia (Ja’far) ditanya tentang lelaki yang bermimpi, seakan-akan dirinya dilindungi oleh mendung ( dari teriknya panas0. Ja’far shodiqpun menjawab, “jika lelaki ini sakit, tentu ia akan sembuh. Jika punya utang tentu bisa membayar. Jika ia miskin, tentu akan kaya, jika ia sedang tertindaas tentu ia akan mendapat pertolongan. Sebab begini”, ujar ja’far selanjutnya,”mendung adalah pertanda rohmat dan apapun yang ada didalamnya adalah merupakan rohmat. Karena mendunglah yang telah melindungi dan menaungi Nabi Muhammada saw dari terik panas ketika dalam peperangan.

Silahkan kunjungi artikel lainnya disini tentang tafsir mimpi CARA MENAFSIRKAN MIMPI

Mimpi membongkar kuburan Nabi

                Ketika imam Abu Hanifah (pendiri madzahb Hanafi) masih remaja dan aktif sebagai seorang siswa, mimpi mendatangi kuburan Nabi Muhammad sa., kemudian membongkarnya. Maka diceritakanlah hal itu kepda gurunya. Sang gurupun menjawab, ‘jika mimpimu itu benar ,Nak…., itu pertanda engkau akan mngikuti jejak Rosulullah saw., dan mampu mnggali sya’riat-syari’at yang pernah diajarkannya”.

                Maka benar… keadaan Abu hanifah pun persisi seperti apa yang dikatakan sang guru. Dan Abu Hanifah memiliki kemulyaan-kemulyaan seperti itu.

Silahkan kunjungi artikel lainnya disini tentang tafsir mimpi CARA MENAFSIRKAN MIMPI

Mimpi naik gajah

                Diceritakan ada sebuah kerajaan dari negeri sokliyah. Pada suatu hari raja akan mengadakan penyerangan ke daerah yang dihuni oleh orang-orang muslim. Rajapun menyiapkan satu pleton utama yang bertugas disekitar daerah laut.

                Pada suatu malam raja bermimpi seakan-akan ia menaiki seekor gajah yang dimeriahkan oleh seperangkat Drum band dan marzhin band (terompet). Ketika telah bangun dikumpulkanla para punggawa kerajaan seraya menceritakan mimpinya semalam. Tanpa ada kekeruhan para punggawa langsung member penafsiran bahwa sang raja akan tampil sebagai pemenang dalam penyerangan yang akan dilakukan terhadap orang muslim.

                Rajapun meminta alas an atau dalil penguta tafsir mimpi tersebut. Mereka para punggawapun menjelaskan tafsir mimpi tersebut. Bahwa gajah adalah binatang darat yang paling besar dan kuat. Sedang orang yang naik diatasnya adalah orang yang mempunyai peluang besar untuk meraih kemenangan dalam peperangan. Sedang drumb band dan terompet adalah pertanda suka cita, gembira ria. Karena tiada mungkin hal itu dilakukan kecuali di depan sang Raja di saat bergembira.

                Rajapun sangat heran atas penuturan para punggawanya. Namun kemudian raja mendatangkan pendeta yahudi untuk menafsirkan mimpinya. Dan ternyata merekapun menafsirkan dengan tafsiran yang sama. Yakni kemenangan ada dipihaknya. Namun, rupanya raja masih belum puas.

                Didatangkanlah sekelompok kiayi atau Ulama Islam seraya menceritan tentang mimpinya, ditunjuklah seorang yang lebih tua dan Alim dari kelompok tersebut. “ “Jika baginda memberi jaminan keamana bagi diri hamba, maka saya bersedia untuk menafsirkan mimpi tersebut.” Ujar orang tua tersebut.

                Dan kata orang  itu kemudian, “Hai tuan baginda Raja, hamba merasa tidak yakin bahwa yang hendak baginda lakukan penyerangan terhadap orang islam ini akan berakibat baik.. karena itu hamba minta, janganlah baginda teruskan megutus pasukan……..mungkin mereka pasukan raja tidak akan kembali karena kalah berperang. Dan hamba minta … janganlah baginda salah paham kepada saya…. Karena telah memberi penafsiran seperti itu”. Rajapun bertany: “hai orang tua, apa dasarnya kau mengatakan seperti itu?” “dasarnya saya ambil dari Kitab suci Al-qur’an” jawa orang tua itu dengan tenang. “ oh iya, coba sebutkan………!”, perintah sang Raja. Orang tua itupun membacakan surat Al-Fiil (Q.S. Alfil: 1-5) yang artinya:  ”tidaklah engkau tahu, bagaimana Tuhanmu memperbuat terhadap orang-orang yang naik gajah? Tiadakah ia jadikan tipudaya mereka sia-sia?dan mengutus kepada mereka burung berbondong-bondong. Yang melempari mereka dengan  batu yang keras. Lalu Allah menjadikan mereka seperti daun yang dimakan ulat”.

                Rajapun bertitah, ini dalilmu tentang gajah. Coba…s ekarang mengenai terompet!”. Lelaki itupun menjawab, “ Allah berfirman (Q.S. Al-mudatsir: 8-10):

“Faa idzaa nuqiro finnaquur. Fa dzaalika yauma idzin ‘asiiir. ‘alal kaafiriina ghoiru  yasiiir” artinya: “ apabila ditiup sangkala (terompet) tiada mudah/senang bagi orang-orang kafiiir, maka itulah hari yang amat susah”.

                Raajapun tersentak mendengar semua itu. Dan rupanya takut telah menyelimutunya, sehingga ia tidak berani lagi berkata-kata. Namun kemudian, “hai orang tua, seandainya dirimu bukanlah dari golongan islam, niscaya aku mmbenarkan ucapanmu… tapi saying, semua itu kau katakana karena kamu tidak senang bila kami memusuhi orang-orang islam.” Orang tua itu berujar; “baiklah…kelak tuaj raja sendiri akan tahiu hal itu.”

Kemudian rajapun pulang bersama rombongannya . namun jauh dilubuk hatinya, ia selalu memikirkan perkataan ulama orang islam tersebut, bahkan melemahnya keinginan untuk melepas bala tentaranya guna memerangi orang-orang islam.

                Akhirnya, ketika berita itu sampai ketelinga para pendet, panglima dan para penasehat Raja, sepakatlah mereka untuk menyampaikan usulan kepada Raja, katanya: “ wahai tuan baginda raja, semoga tahta tuan tetap jaya, dan semoga kemenangan ada di pihak Paduka. Paduka telah membenarkan apa yang dikatakan seorang lelaki yang beragama Islam, padahal dia membenci kita, dan tentunya.. lebih benci jika kita memerangi orang Islam. Jika baginda memperkenalkan kami, biarlah ujung-ujung tombak kami yang menebas kepala orang itu”.

                Namun… Raja menolak dan tidak mengijinkan mereka untuk melakukan itu. Tetapi mereka tetap bersikeras dengan berbagai motivasi agar raja mewujudkan cita-citanya. Akhirnya, Raja terpengaruh, kemudian diperintahkanlah putranya untuk menjadi komandan pasukan yang ia kirim.

                Pasukan raja nitupun berangkat dengan mengendarai kendaraan laut. Belum lagi mereka sampai ketempat tujuan. Ditengah perjalanan mereka berpapasan dengan bala tentara dari negeri koiruwan dan pasukan dari negeri sokliyah, hingga tak seorangpun yang dapat kembali dalam keadaan hidup. Bahkan seluruh kendaraan yang mereka bawa telah habis darampas ole para pembajak.

                Ketika berita kekalahan itu sampai kepada Raja Sokliyah, ia langsung menghadap kepada orang tua ulama Islam yang pernah menafsirkan mimpinya seraya meminta maaf .

                Kemudian secara rahasia atau bersembunyi-sembunyi iapun masuk Islam dan selalu berbuat baik kepada orang tua tersebut. Iapun meminta bimbingan siang dan malam dan selalu mmbacakan Al-Qur’an untuknya. Hingga akhirnya berita keislamam itupun terkenal diseluruh Negeri Sokliyah. Subhanallah….

Silahkan kunjungi artikel lainnya disini tentang tafsir mimpi CARA MENAFSIRKAN MIMPI

Mimpi memegang seekor burung

Ada lelaki yang datang kepada Imam Muhammad bin sirin ra.a,  ia berkata, “ saya bermimpi memegang seekor burung yang konon burung itu bernama kakau (thoituy). Burung itu mau saya sembelih, maka sayapun meletakan pisau diatas lehernya. Namun sampai tiga kali, burung itu sampai membolak-balikkan tubuhnya, dan hanya pada kali ke empatlah, saya baru berhasil menyembelihnya”.

                Ibnu Siri menjawab, ‘mimpi itu baik burung itu menggambarkan seorang perempuan yang masih gadis. Engkau mengumpulinya sampai tiga kali(hubungan badan di malam pertama), dan hanya pada kali ke empatlah enkau berhasil (menjebolkan pertahanannya) “Benar wahai Guru, lima malam yang lalu peristiwanya memang seperti itu”’ ujar lelaki tadi.

                Imam Ibnu sirin tersenyum sambil menundukan kepalanya sejenak. Dan katanya kemudian: “mendekatlah kemari” pinta ibnu sirin. Lelaki itupun mendekat.  Ibnu Sirin melanjutkan “ada sesuatu yang ketinggalan dari mimpimu itu, nak”, ujarnya. Lho, apa itu? Tanya lelaki itu kaget. “gadis itu mengeluarkan kentut,kan?” lanjut Ibnu sirin.  “anda memang benar guru”, rajut kiayi itu sampai tersipu malu, dan kemudian ngeloyor pergi.

Mimpi dipatuk ayam kampung

                Umar bin khotob al-faruq pernah bercerita, “aku tidur. Dan mimpi. Ada seekor ayam jago telah mematukku, sekali atau dua kali’, katanya. Ditanyakanlah hal itu kepada Umar , “ apakah itu artinya, wahai Imam?” “pasti akan terjadi, ada orang dari negeri non Arab akan membunuhku”, jawab umar bin Khotob mantap.

                Dan,? Benar . hanya selang empat hari, Umar disergap dan dibunuh oleh Abu Lu’lu’ah (semoga allah melaknatinya)

Mimpi memecahkan sebutir telur

                Dikisahkan ada seorang lelaki datang kepada Ibnu Sirin, ia bertanya:

Lelaki yang bertanya: “bagaimana pendapat anda, mengenai seseorang yang mimpi, seakan-akan dirinya memecahkan sebutir telur, lalu mengambil isinya yang berwarna putih sedang yang kuning ia buang?”

Ibnu sirin: “katakana pada lelaki itu, agar ia datang dan Tanya sendiri padaku “

Lelaki yang bertanya: ‘saya menyampaikan kepada anda memang dari dia, dan apa yang anda tafsirkan mengenai mimpinya, nanti akan saya sampaikan kepadanya,”

Ibnu Sirin membantah: “tidak”

                Lelaki itu belum jera dan diulanginya hal itu beberapa kali. Ia bertanya sebagaimana pertanyaan yang pertama. Dan jawaban ibnu sirin tetap sama. Dan pada akhirnya, iapun berkata, “sebenarnya, sayalah orangnya yang mimpi dengan mimpi seperti itu’

Ibnu sirin “bersumpahlah dengan nama allah, bahwa dirimulah orangnya!

                Lelaki itupun  bersumpah dengan nama Allah bahwa, dirinyalah orangnya yang bermimpi tersebut.

                Dengan sikap bijaksana, Ibnu sirin berkata pada orang-orang yang ada disekitarnya, “tangkap orang ini, dan serahkan kepada yang berwajib. Dan katakana, lelaki inilah yang sering membongkar kuburan, lalu mengambil kapannya”’

Lelaki yang bertanya tersentak: “tuan, disini dan saat ini juga saya bertobat kepada Allah. Saya berjanji, apa yang pernah saya lakukan, tidak akan saya ulangi lagi hingga ajal menjemput nanti”.

Silahkan kunjungi artikel lainnya disini tentang tafsir mimpi  (CARA MENAFSIRKAN MIMPI)

Baca tulisan yang terkait:

kata kunci:

Tags:

Related Posts

Tinggalkan Balasan