Keadaan di sekitar Wilayah Islam pada masa Zaman Bani Umayyah

Posted on : 19 September 2014 | post in : Sejarah dan Perkembangan Islam |Leave a reply |

Keadaan Daerah/Masyarakat Di Sekitar Wilayah Islam.

Di periode khulafa’urrasyidin, wilayah Islam sudah meluas.Tetapi perluasan tersebut belumlah sampai kepada tapal batas yang tetap, sebab puran di daerah perbatasan itu. Wilayah-wilayah yang telah berada dalam kekuasaan Islam itu masih tetap menjadi sasaran penyerbuan pihak-pihak di luar Islam dari belakang garis-garis perebutan itu, bahkan musuh diluar wilayah Islam telah berhasil merampas beberapa wilayah kekuasaan Islam ketika terjadi perpecahan-perpecahan dan pemberontakan-pemberontakan dalam negeri kaum muslimin.

Berdasarkan keadaan semacam ini, tidak dapat tidak, terjadilah pertempuran-pertempuran antara Bani Umayyah dan Negara-negara tetangga mereka pada kebanyakan wilayah-wilayah pertempuran yang telah dicapai oleh perluasan Islam pada masa khulafa’urrasyidin. Maka, terjadilah rentetan pertempuran dan kaum muslimin maju selangkah demi selangkah.Boleh jadi tujuan pertama dari kaum muslimin adalah menaklukkan daerah Syam dan Palestina.Setelah penaklukan daerah-daerah itu selesai, mereka berpendapat bahwa mereka harus memasuki daerah Mesir untuk mengamankan pasukan-pasukan mereka yang berada di Palestina terhadap serbuan yang mungkin dilakukan oleh tentara Romawi yang berada di Mesir. Dan setelah penaklukan Mesir itu selesai, mereka pun khawatir akan keselamatan pasukan mereka yang berada di sana terhadap serbuan tentara Romawi yang di Libia, atau penyerbuan-penyerbuan itu memang telah terjadi. Demikianlah seterusnya. Dan suatu sifat dari peperangan ialah bahwa ia akan berlangsung terus sampai tercapai tapal batas alami, yang memisahkan antara kedua pasukan yang bermusuhan itu.

Inilah sebab utama bagi perluasan penaklukan di masa Bani Umayyah.Dan sebagaimana kita lihat, sebab perluasan itu bersifat Islam yang pada dasarnya semata-mata suatu tindakan defensive (membela diri), dan bukan suatu tindakan yang bersifat permusuhan. Di samping itu ada lagi sebab lain yang tak dapat diabaikan, adalah jihad untuk menyiarkan agama Islam. Sebagian kaum muslimin telah berusaha ke arah ini .dan mereka berpendapat bahwa adalah menjadi tugas mereka untuk memerangi golongan-golongan diluar lingkungan kaum muslimin, terutama penganut-penganut kepercayaan syirik, yang menghalang-halangi sampainya ajaran itu ke dalam hati sanubari rakyat yang telah lama menanti-nantikannya.

Perluasan yang dilakukan pada masa Bani Umayyah itu meliputi tiga front penting, yaitu daerah-daerah yang telah dapay dicapai dan terhenti di situ gerakan perluasan Islam yang dilakukan sampai masa Khalifah Usman bin Affan. Ketiga front itu adalah sebagai berikut :

Pertama, front pertempuran melawan bangsa Romawi di Asia Kecil. Dimasa pemerintahan Bani Umayyah, pertempuran di front ini telah meluas, sampai meliputi pengepungan terhadap kota Konstantinopel dan penyerangan terhadap beberapa pulau di Laut Tengah.

Kedua, front Afrika Utara. Front  ini meluasa sampai ke pantai Atlantik, kemudian menyeberangi selat Jabal Thariq dan sampai ke Spanyol.

Kedua front ini dapat kita namakan front Barat.

Ketiga, front timur.Ini meluas dan terbagi kepada dua cabang yang satu menuju ke utara, ke daerah-daerah diseberang sungai Jihun (Amru Dariah).Dan cabang yang kedua menuju ku selatan, meliputi daerah Sind.

Baca tulisan yang terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
Chat WA langsung